Selasa, 10 Desember 2019

Mengenal Senam Lantai

Senam lantai ialah cabang olahraga yang dikerjakan di atas permukaan lantai yang beralas satu matras. 

Dalam olahraga ini, matras jadi satu diantara unsur penting dalam lakukan senam lantai sesudah kamu lakukan tehnik secara benar, sebab ini bisa membuat perlindungan badan kamu dari bentrokan yang begitu keras.

Baca Juga macam macam senam 
Baca Juga Senam Irama

Faedah Senam Lantai

Baca Juga macam macam senam 
Baca Juga Senam Irama

Tiap olahraga yang dikerjakan tentulah memiliki faedahnya masing masing, berikut akan kami terangkan faedah senam lantai :
  • · Bisa turunkan berat tubuh
  • · Lancarkan perputaran darah
  • · Tingkatkan ketahanan jantung
  • · Menguatkan otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut serta dada
  • · Melatih kesetimbangan
  • · Melatih konsentrasi
  • · Bisa membakar lemak pada tubuh

Jenis Macam Senam Lantai

Ada banyak jenis macam pergerakan dalam cabang olahraga senam lantai, dari mulai roll depan, belakang, kayang, dan lain-lain. Berikut akan kami terangkan dengan detil jenis macam pergerakan senam lantai

1. Roll Depan

Roll depan atau guling ke depan ialah berguling ke depan atas sisi belakang tubuh (tengkuk, punggung, pinggang serta panggul sisi belakang).

Roll depan dapat dikerjakan dengan dua langkah, yakni guling ke depan dengan sikap awal jongkok atau guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Olah raga roll depan benar-benar gampang dikerjakan dan mengasyikan tapi di balik itu semua bila dikerjakan tanpa ada tehnik yang benar maka membahayakan keselamatan kita. Di bawah ini akan kami terangkan materi mengenai roll depan

Langkah Lakukan Roll Depan

1. Pertama sikap jongkok, ke-2 kaki rapat, tempatkan lutut ke dada, ke-2 tangan menumpu di muka ujung kaki kurang lebih 40 cm.
2. Bengkokkan ke-2 tangan, tempatkan bahu pada matras dengan tundukkan kepala, dagu sampai ke dada
3. Teruskan dengan lakukan pergerakan bergulir ke depan, saat panggul sentuh matras, peganglah tulang kering dengan ke-2 tangan ke arah tempat jongkok.

Kekeliruan Dalam Lakukan Roll Depan

1. Ke-2 tangan yang bertopang dibuka begitu lebar atau begitu sempit, begitu jauh atau begitu dekat sama ujung kaki.
2. Sandaran satu diantara atau ke-2 tangan kurang kuat, hingga kesetimbangan tubuh kurang prima serta mengakibatkan tubuh jauh kesamping.
3. Pundak tidak diletakkkan di atas matras waktu tangan dibengkokkan.
4. Waktu pergerakan bergulir ke depan ke-2 tangan tidak turut melolak.

2. Roll Belakang

Bergulir ke belakang ialah potensi fundamen untuk dikendalikan. Kemungkinan susah sebelumnya serta memerlukan banyak latihan untuk menguasainya. Awalilah dengan pelajari langkah bergulir ke belakang, lalu teruskan dengan mengakhirinya.

Langkah Lakukan Roll Belakang

1. Sikap permulaan dalam tempat jongkok, ke-2 tangan di muka serta kaki sedikit rapat.
2. Kepala ditundukkan selanjutnya kaki menampik ke belakang.
3. Saat panggul tentang matras, ke-2 tangan selekasnya dilipat ke samping telinga serta telapak tangan menghadap ke sisi atas untuk siap menampik.
4. Kaki selekasnya diayunkan ke belakang melalui kepala, dengan dibantu oleh ke-2 tangan menampik kuat serta ke-2 kaki dilipat sampai ujung kaki bisa datang di atas matras, ke sikap jongkok.

Kekeliruan Dalam Roll Belakang

1. Ke-2 tangan yang bertopang tidak pas (dibuka begitu lebar atau begitu sempit, begitu jauh atau begitu dekat) dengan ujung kaki.
2. Sandaran satu diantara atau ke-2 tangan kurang kuat, hingga kesetimbangan tubuh kurang prima serta mengakibatkan tubuh jatuh ke samping.
3. Pundak tidak ditempatkan di atas matras waktu tangan dibengkokkan.
4. Waktu pergerakan bergulir ke depan ke-2 tangan tidak turut menampik.

3. Handstand

Melatih kemahiran berdiri dengan tangan (handstand) adalah pra-syarat untuk pelajari trik-trik senam mempesona yang lain.
Handstand bukan sekedar menyenangkan, tetapi pergerakan ini adalah satu bentuk olahraga yang baik — diluar itu Anda akan terlihat bagus waktu mengerjakannya.

Langkah Lakukan Handstand

A. Berdiri dengan kepala ialah bentuk sikap berdiri pada kepala dengan sandaran kepala serta ke-2 tangan. Langkah mengerjakannya seperti berikut :

1. Berdiri tegak ke-2 kaki rapat, serta ke-2 lengan lurus rapat di samping tubuh, pandangan ke depan.
2. Bungkukkan tubuh ke depan, tempatkan ke-2 telapak tangan di matras.
3. Tempatkan juga dahi di matras antara ke-2 tangan. Tempatkan ke-2 tangan serta dahi membuat segitiga sama-sisi.
4. Angkat pinggul ke atas, tubuh tegak lurus pada matras.
5. Luruskan kaki ke atas, menjaga kesetimbangan serta jaga sesaat.

B. Berdiri dengan ke-2 tangan ialah bentuk sikap berdiri dengan sandaran ke-2 iris tapak tangan. Langkah mengerjakannya ialah seperti berikut :

1. Berdiri tegak dengan satu diantara kaki ada di muka serta ke-2 tangan lurus di atas dengan telapak tangan terbuka, selanjutnya tempatkan telapak tangan bertopang di matras.
2. Bungkukkan tubuh ke depan, ke-2 tangan masih lurus lalu ayunkan kaki ke belakang atas, diikuti kaki yang satunya serta merapatkan, hingga membuat garis vertikal di antara lengan, tubuh, serta ke-2 kaki lurus ke atas.
3. Ayunkan kaki kanan dalam kondisi lurus ke atas, hingga kaki kiri ikut juga terangkat ke atas, jaga sikap itu sesaat, menjaga kesetimbangan badan.
4. Kembali pada sikap awal yakni berdiri tegak, ke-2 lengan lurus di samping tubuh serta pandangan masih ke depan.

4. Kayang

Kayang ialah satu pergerakan senam lantai dengan tempat ke-2 tangan serta kaki bertopang pada matras dengan tempat terbalik selanjutnya meregang serta panggul dan perut diangkat ke atas. Faedah serta arah lakukan kayang untuk melatih badan supaya masih lentur, khususnya di bagian pundak.

Langkah Lakukan Pergerakan Kayang dari Sikap Tidur:

1. Pertama mulai pergerakan dengan tidur terlentang.
2. Tekuk ke-2 lutut Anda, kemudian merapatkan ke-2 tumit pada pinggul.
3. Tekuk ke-2 siku tangan Anda, selanjutnya telapak tangan bertopang pada matras serta letakkan ibu jari di samping telinga.
4. Kerjakan pergerakan tubuh diangkat perlahan pelan keatas, selanjutnya diikuti dengan dorongan dari ke-2 tangan serta kaki lurus.
5. Paling akhir kerjakan pergerakan kepala masuk antara ke-2 tangan.

Langkah Lakukan Kayang Dari Sikap Berdiri

1. Mengambil sikap berdiri tegak serta kaki sedikit terbuka.
2. Tempat tangan masing masing ada di samping kaki.
3. Pergerakan tangan dengan bertepatan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Kepala tengadah selanjutnya tubuh melenting ke belakang, yakinkan bila tempat telapak tangan sentuh atau datang pada matras secara baik.
4. Untuk pergerakan dari sikap berdiri ini Anda bisa mengerjakannya dengan memakai pertolongan tembok, hingga luka bisa dijauhi serta tidak membuat kita begitu capek jadi pemula.

Kesalahan-kesalahan Dalam Lakukan Kayang

1. Tidak lakukan pemanasan atau pengenduran yang cukup, hingga seringkali alami sakit sakit sampai luka otot sebab tertarik sesudah lakukan pergerakan kayang.
2. Siku tangan bengkok, sebab kekakuan di bagian pundak serta sendi.
3. Tempat tubuh kurang membusur sebab sisi punggung yang kurang lentur serta kekakuan pada otot perut
4. Kesetimbangan yang kurang.
5. Upayakan tempat kepala harus cocok serta jangan begitu menengadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar